SELAYANG PANDANG MAN 15 JAKARTA

Madrasah Aliyah Negeri 15 Jakarta, seperti halnya Madrasah yang lain adalah suatu lembaga pendidikan setingkat SMA yang lebih berciri khas Agama Islam. Hanya saja Madrasah Aliyah Negeri (MAN15 jakarta) yang membedakan dengan MAN lainya bahwa MAN 15 Ciracas Jakarta ini memiliki ciri khas keterampilan seperti Otomotif, Elektro, Tata Busana Dan Disain Grafis.

  • Dibangun tahun 1994 dengan luas tanah 4761 m². Pada masa kepemimpinan Bp. Drs. H.Taufiq Dahlan,M.Pd.
  • Awal mulanya MAN 15 Jakarta bernama MAN 2 Jakarta Kelas Jauh (KJ) dan hanya digunakan sebagai tempat kegiatan belajar mengajar khusus kelas I (satu).
  • Pada pada tahun 1994 mulai mendapat bantuan penambahan gedung untuk Work Shop Otomotif, AC Kulkas dan Tata Busana.
  • Pada tahun 1996 kepemimpinan Bapak Drs. H. Taufiq Dahlan. diganti oleh Bapak Drs. H. Daud Edis.
  • Pada awal masa kepemimpinan Bapak Drs. H. Daud Edis MAN 2 KJ mendapat bantuan seperangkat peralatan Tata Busana. Pada masa inilah mulai dibuka Program Keterampilan sebagai tambahan pelajaran bagi siswa-siswi kelas XI dan XII yang tidak melanjutkan Kuliah di Perguruan Tinggi. Awalnya pemberian tambahan pelajaran hanya dibuka untuk 20 siswa dan diberikan pada siang hari setelah pulang sekolah.
  • Pada tahun pelajaran 2000-2001 MAN 2 KJ mendapat bantuan lagi berupa seperangkat alat-alat keterampilan Otomotif dan AC Kulkas. Dan pada tahun pelajaran ini pula dibuka program keterampilan Otomotif dan AC-Kulkas. Sama seperti Tata Busana, Awalnya pemberian keterampilan Otomotif dan teknik AC/Kulkas hanya dibuka untuk 20 siswa dan diberikan pada siang hari setelah pulang sekolah. Namun dalam perjalanannya program keterampilan menghadapi beberapa hambatan, antara lain ;
    1. Waktu : Karena diselenggarakan disiang hari maka kondisi siswa terlalu lelah sehingga Program Keterampilan berjalan kurang efektif.
    2. Tempat : Jarak kampus Ciracas dan Kampus KJ di KDW cukup jauh sehingga para siswa terbebani ongkos transport tambahan yang cukup besar.
  • Pada tahun pelajaran 2001-2002 kepemimpinan Bapak Drs. H. Daud Edis diganti oleh Bapak Drs. H. Fachruddin, MM.
  • Melalui kepemimpinan beliau program keterampilan WAJIB diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI dan XII. Waktu belajarnya tetap dilaksanakan setelah pulang sekolah sesuai pilihan keterampilannya masing-masing.
  • Dalam perkembangan selanjutnya pada tahun pelajaran 2002-2003 MAN 2 KJ (yang selanjutnya lebih dikenal dengan nama MAN 2 PK/ Program Keterampilan), membuka satu lagi program keterampilan yaitu Komputer Desain Grafis (DG). Program Keterampilan Desain Grafis ini bersifat Swadaya Sekolah yang murni dibiayai oleh Orang Tua/Wali murid dan tidak di Subsidi oleh Bantuan Pemerintah.
  • Pada tahun 2003 kepemimpinan Drs. H. Fachruddin diganti oleh bapak Drs. Kidup Supriyadi, M.Pd.
  • Pada masa kepemimpinan bapak Drs. Kidup Supriyadi, M.Pd kegiatan belajar mengajar keterampilan dimasukkan dalam jam Intra (pagi) dengan pembagian waktu belajar :
    – Senin dan Selasa untuk Kelas X.
    – Rabu dan kamis untuk kelas XI.
    – Jum’at untuk kelas XII.
  • Pada tahun pelajaran 2004-2005 Program Keterampilan mulai mengembangkan 3 terobosan baru yang sangat besar sekali pengaruhnya bagi eksistensi dan ketenaran Program Keterampilan MAN 2 KDW di kalangan masyarakat, yaitu :
    1. Kunjungan Industri bagi siswa kelas X
    2. Program Magang / PKL bagi siswa kelas XI
    3. Uji kopetensi bagi siswa kelas XII bekerjasama dengan BLK (Depnaker).
  • Semua terobosan tersebut diadakan dalam rangka untuk mendapatkan pengakuan mutu (Sertifikasi) dari Dunia Industri dan Instansi terkait yaitu BLK – Departemen Tenaga Kerja sebagai bekal untuk mencari kerja bagi siswa-siswi lulusan Program Keterampilan.
  • Pada tahun pelajaran 2008-2009 Kepemimpinan Bapak Drs. Kidup Supriyadi, M.Pd. digantikan oleh Ibu Dra. Hj. Isnadiar Dekok, MM.
  • Baru memangku jabatan selama kurang lebih 3 bulan yakni dari bulan Januari 2009 sampai Maret 2009 MAN 2 KDW Program Keterapilan resmi dinegerikan menjadi MAN 15 Jakarta. Pada bulan Maret 2009 melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Republik Indonesia No. 49 tahun 2009 maka MAN 2 KDW Program Keterampilan resmi berdiri menjadi MAN 15 Jakarta.
  • Jadi MAN 15 Jakarta tepat berdiri bulan Maret 2009 dengan Kepala Sekolah pertama bernama Dra. Hj. Aty Sholehati. Berbagai program dan pengembangan pendidikan di MAN 15 Jakarta di dengungkan, semua itu demi kemajuan Madrasah Aliyah 15 salah satu program Kurikulum mengunakan sistem SKS (Sistem Kredit Semester) serta dengan pola kelas Moving Kelas, serta dengan seabrek program pengembangan diri atau ekskul.
  • Selanjutnya masa kepemimpinan Kepala MAN 15 Jakarta berakhir Dra.Hj. Aty Sholehati di gantikan oleh Drs. H. Ahmad Saifullah tepatnya pada bulan November tahun 2011. Saat ini Kepala MAN 15 Jakarta di bawah Kepemimpinan Bapak Drs. H. Ahmad Saifullah, berbagai program dan perubahan sudah mulai dilakukan dari sebelumnya, salah satu program andalannya adalah melekukan Tadarusan dan Sholat Dhuha berjamaah menjadi hal wajib setiap hari mulai dari pikul 06.30 s/d 07.00, serta program pengajaran dari yang sebelumnya menjadi program berbasis kinerja. Selain itu juga perubahan secara fisik sudah banyak di lakukan terutama dengan penataan lingkungan dengan menjadi lebih asri dengan banyaknya tanaman dan taman yang tertata rapih. Semua itu adalah untuk menambah dan menunjang proses belajar yang lebih nyaman dan berkualitas.

Demikianlah Perjalanan singkat dari sejarah berdirinya MAN 15 Jakarta yang beralamat di Jalan Inayah No. 24 Rt. 03 Rw. 08 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur, Kode Pos 13730, Telepon 021-8707688.

Semoga dengan Do’a restu dan dukungan seluruh Masyarakat dan komponen civitas akademika maka MAN 15 Jakarta dapat berkembang menjadi salah satu Madrasah Aliyah terkemuka di Tanah Air Indonesia tercinta. Amin, Amin, Amin Ya Rabbal ’Alamin.

Penerimaan siswa baru man 15 Jakarta tahun pelajaran 2012-2013 dimulai, tanggal 01 Juni s/d 01 Juli 2012. Informasi lebih lanjut silahkan dating langsung ke kampus MAN 15 Kelapa Dua Wetan, Ciracas Jakarta Timur.

Jakarta, Juli 2012
Kepala, MAN 15 Jakarta

Drs. H. Ahmad Saifullah