Profil

Lokasi MAN 15 Jakarta

MAN 15 Jakarta beralamat di jalan Inayah No. 24 RT. 03/08 kelurahan Kelapa Dua Wetan kecamatan Ciracas Kota Jakarta Timur dengan kode pos 13730. Secara Geografis lokasi MAN 15 Jakarta sangat strategis, mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan menggunakan angkutan umum. Letaknya tidak jauh dari jalan raya Bogor dari arah pertigaan Kiwi dan kurang lebih 3 Km terminal kampung rambutan. Juga tidak jauh dari Buperta Pramuka Cibubur. Lokasi nyaman dan tidak berisik sehingga sangat cocok untuk tempat menyelenggarakan Pendidikan. Masyarakat di sekitar MAN 15 Jakarta tidak begitu padat dengan tingkat perekonomian menengah dan budaya penduduknya Heterogen. Lingkungan sekitar MAN 15 Jakarta banyak terdapat Industri besar seperti Indomilk, Nutricia, NGK, PT. Guru, dll. Disekitar MAN 15 juga banyak terdapat pusat-pusat perbelanjaan seperti Cibubur Junction, Ramayana Cibubur, Arundina Swalayan, Naga Swalayan,  Orange Mart, dll.

Keadaan MAN 15 Jakarta

MAN 15 Jakarta merupakan MAN yang baru dinegerikan sendiri pada bulan Maret 2009. Awalnya MAN 15 Jakarta bernama MAN 2 Jakarta kampus KDW  yang berlokasi di Jalan Inayah Rt 03 Rw 08 No. 24 Kelurahan Kelapa dua wetan, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur. Gedung MAN 2 Jakarta kampus KDW  dibangun pada tahun 1994 dengan luas tanah  4761 m². Pada masa itu kepemimpinan Kepala Sekolah dijabat oleh Bapak Drs. H. Taufiq Dahlan.

Awal mula gedung ini hanya digunakan sebagai tempat kegiatan belajar mengajar untuk kelas X (satu) program regular. Kemudian pada tahun 1994 mendapat bantuan penambahan gedung untuk Work Shop Otomotif, AC Kulkas dan Tata Busana.

Pada tahun 1996 kepemimpinan Bapak Drs. H. Taufiq Dahlan. diganti oleh Bapak Drs. H. Daud Edis. Pada awal masa kepemimpinan Bapak Drs. H. Daud Edis MAN 2 Jakarta kampus KDW mendapat bantuan seperangkat peralatan Tata Busana. Pada masa kepemimpinan Bapak Drs. H. Daud Edis inilah mulai dibuka Program Keterampilan sebagai tambahan pelajaran bagi siswa-siswi kelas XI dan XII yang tidak melanjutkan Kuliah di Perguruan Tinggi. Pemberian tambahan pelajaran hanya dibuka untuk 20 siswa dan diberikan pada siang hari setelah pulang sekolah.

Pada tahun pelajaran 2000-2001 MAN 2 Jakarta Kampus KDW mendapat bantuan lagi berupa seperangkat alat keterampilan Otomotif dan AC Kulkas. Dan pada tahun pelajaran ini pula dibuka program keterampilan Otomotif dan AC-Kulkas untuk kelas I dan II. Namun dalam perjalanannya program keterampilan tersebut menghadapi beberapa hambatan antara lain :

  1. Waktu : Karena diselenggarakan disiang hari maka kondisi siswa terlalu lelah sehingga Program Keterampilan berjalan kurang efektif.
  2. Tempat : Jarak kampus Ciracas program reguler dan Kampus KDW Program   Keterampilan cukup jauh sehingga para siswa siswi terbebani ongkos transport tambahan yang lumayan besar.

Pada tahun pelajaran 2001-2002 kepemimpinan Bapak Drs. H. Daud Edis diganti oleh Bapak Drs. H. Fachruddin, MM. Melalui kepemimpinan beliau  program keterampilan WAJIB di ikuti  oleh seluruh siswa kelas X, XI dan XII. Waktu belajarnya dilaksanakan setelah KBM reguler sesuai dengan pilihan keterampilannya masing-masing.

Dalam perkembangan selanjutnya pada tahun pelajaran 2002-2003 MAN 2 Jakarta kampus KDW (yang selanjutnya lebih dikenal dengan nama MAN 2 PK/ Program Keterampilan),membuka satu lagi program keterampilan yaitu Komputer Desain Grafis (DG). Program Keterampilan Desain Grafis ini bersifat Swadaya Sekolah yang murni dibiayai oleh Orang Tua/Wali murid dan tidak di Subsidi oleh Bantuan Pemerintah.

Pada tahun 2003 kepemimpinan Drs. H. Fachruddin diganti oleh bapak Drs. Kidup Supriyadi, M.Pd. Pada masa kepemimpinan bapak Drs. Kidup Supriyadi, M.Pd kegiatan belajar mengajar keterampilan dimasukkan dalam jam Intra  dengan pembagian waktu belajar :

  • Senin dan Selasa untuk Kelas X
  • Rabu dan kamis untuk kelas XI
  • Jum’at untuk kelas XII

Pada tahun pelajaran 2004-2005 Program Keterampilan mulai mengembangkan 3 terobosan baru yang sangat besar sekali pengaruhnya bagi ketenaran Program Keterampilan MAN 2 KDW di kalangan masyarakat, yaitu :

  1. Kunjungan Industri bagi siswa kelas X
  2. Program Magang / PKL bagi siswa kelas XI
  3. Uji kopetensi bagi siswa kelas XII.

Semua terobosan tersebut diadakan dalam rangka untuk mendapatkan pengakuan mutu (Sertifikasi) dari Dunia Industri dan Instansi terkait yaitu BLK – Departemen Tenaga Kerja sebagai bekal untuk mencari kerja bagi siswa-siswi lulusan Program Keterampilan.

Pada tahun pelajaran 2008-2009 Kepemimpinan Bapak Drs. Kidup Supriyadi, M.Pd. digantikan oleh Ibu Dra. Hj. Isnadiar Dekok, MM. Baru memangku jabatan selama kurang lebih 3 bulan yakni dari bulan Januari 2009 sampai Maret 2009 MAN 2 KDW Program Keterapilan resmi dinegerikan menjadi MAN 15 Jakarta. Pada bulan Maret 2009 melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Republik Indonesia No. 49 tahun 2009 maka MAN 2 Jakarta Program Keterampilan resmi berdiri menjadi MAN 15 Jakarta.

Jadi MAN 15 Jakarta tepat berdiri bulan Maret 2009 dengan Kepala Sekolah pertama bernama Dra. Hj. Aty Sholehati. Berbagai program dan kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran dilakukanya, mulai dari 15 menit tadrus bersama dikelas, penambahan jam belajar, serta program keterampilanpun menjadi ikon dari MAN 15 Jakarta. Kemudian perjalanan Dra. Hj. Aty sholehati dalam memimpin dari tahun 2009-2012. Dan tepat pada bulan November kepala Sekolah MAN 15 digantikan dengan Kepala Sekolah yang baru atau ke Dua yaitu Drs. H. Ahmad Saifullah dari tahun 2012 sampai  Bulan Januari tahun  2016 setelah pergantian kepala Madarasah yang baru berbagai trobosan dan strategipun makin dipertonjolkan bahwa MAN 15 Jakarta bisa dan mampu dalam bersaing dengan Madrasah lainya. Terbukti dengan hasil presetasi Man 15 tahun 2012 meningkat. Dari hasil UN menjadi menjadi posisi terbaik dua, dari sebelumnya tiga, prestasi KIR, Cerdas Cermat. Serta di lingkungan MAN 15 Jakarta sebelum belajar dibiasakan dengan 30 menit tadarus bersama di masjid dan Sholat Dhuha. Pada bulan Januari 2016 terjadi pergantian Kepala Madrasah yang baru Bapak Drs. Pursidi mulai bulan Januari 2016. Demikianlah Perjalanan singkat dari sejarah berdirinya MAN 15 Jakarta yang beralamat di Jalan Inayah No. 24 Rt. 03 Rw. 08 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur, Kode Pos 13730, Telepon 021-8707688. Semoga dengan Do’a restu dan dukungan seluruh Masyarakat dan komponen civitas akademika maka MAN 15 Jakarta dapat berkembang menjadi salah satu Madrasah Aliyah terkemuka di Tanah Air Indonesia tercinta. Amin, Amin, Amin Ya Rabbal ’Alamin.