Tangkap layar Edufair Online 2022

Jakarta (Humas) — Sabtu (12/2/2022) MAN 15 Jakarta menggandeng LP2K (Layanan Psikologi Penjurusan dan Karier) menggelar edufair (education fair) online bagi seluruh peserta didik kelas X, XI, dan XII. Acara yang berlangsung dari pukul 07.30 s.d. 12.45 WIB tersebut diawali dengan sambutan dari Këpala Madrasah, Drs. Pursidi,”Terima kasih Kak Deva dari LP2K sebagai penyelenggara yang akan memandu jalannya edufair hari ini. Kami pihak sekolah akan mendukung dan mengapresiasi usaha-usaha kampus menggelar program edufair untuk memikirkan masa depan generasi Indonesia, pencerahan edukasi memberi motivasi, anak (peserta didik) akan terbuka pikirannya menentukan baik PTN maupun swasta sebagai langkah inisiatif mereka melaju dan sukses kariernya.”

Acara virtual ini memberi rasa dan pengalaman sama seperti dalam sebuah even pameran pendidikan. Masing-masing agen kampus mempresentasikan kemudian partisipan berkesempatan bertanya secara langsung.

“Yuk, buat yang mau tanya-tanya boleh raise hand, on mic, atau chat di kolom, boleh juga DM kakaknya atau request jangan disebut namanya juga boleh daripada cari-cari di Google, informasinya masih simpang siur, belum tentu betul, valid, langsung tanyakan di sini,” ucap Deva.

Diikuti 480 partisipan—peserta didik X-XII, Wali Kelas, Wakabid Kurikulum, Wakabid Kesiswaan, Wakabid Humas, Wakabid Sarpras, Kepala TU, Kamad, Orang Tua Wali, agen kampus, dan tim LP2K—menghadirkan 2 Perguruan Tinggi Negeri—Universitas Padjajaran, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 10 Perguruan Tinggi Swasta—Universitas Al Azhar Indonesia, Bina Nusantara, Universitas Telkom, LSPR Communication and Business Institute, Universitas Dian Nusantara, Akamigas Balongan, Universitas Mercu Buana, ESQ Business School, Trisakti School of Management, Universitas Paramadina, dan 1 organisasi pelatihan dan pendidikan profesi bidang Teknologi Informasi—Center for Computing and Information Technology Fakultas Teknik UI.

Sesi kuis tebak lagu semakin menarik minat dan perhatian partisipan dan pada sesi 1 M Ali Fachtur—XII IPS 2 berhasil menebak lagu Every Summertime dari Niki dan Aria Putra—X MIPA 2 berhasil menebak lagu Butterflies dari Abe Parker pada sesi 2. Mereka berdua pun akhirnya dihadiahi uang digital.

Acara yang berlangsung selama 5 jam 15 menit tersebut mendapat apresiasi dari peserta didik baik yang duduk di kelas XII seperti yang diungkap Diana Damayanti—XII MIPA 1, “Penjabaran dari kakak-kakaknya jelas, acara terkondisi lancar, ada sesi kuis jadi tidak terlalu bosan, tapi kalau boleh usul sesi tanya jawab dan sesi pemaparannya lebih lama agar gak kecepetan ngomongnya.”

Begitu juga bagi adik kelasnya, Darriel Rasya—XI MIPA 1 yang mengatakan acara ini cukup informatif, bagi dirinya pribadi cukup penasaran dengan beberapa perguruan tinggi swasta yang terkenal di Indonesia seperti biaya yang dibutuhkan, program belajar yang ada di LSPR (London School Public Relation), saya juga jadi tahu berbagai PTS unggul terkenal lainnya.”

(FN)