Humas (MAN15)—, MAN 15 Jakarta sebagai sekolah yang berbasis keagamaan, telah melaksanakan kegiatan UMBN-BK atau istilah yang dikenal di sekolah SMA dengan sebutan USBN-BK.  Memasuki hari ke empat, pantauan lapangan pelaksanaan UMBN-BK berjalan lancar tanpa kendala.  Kegiatan UMBNBK atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sesuai dengan keputusan Dinas Pendidikan.4/3

Pada tahun sebelumnya, MAN 15 dalam pelaksanaan sesi ujian berbasis computer dilaksanakan sebanyak tiga sesi, akan tetapi pada tahun ini pelaksanaan akan dilaksanakan dua sesi.

Untuk mengantisipasi dari jumlah siswa yang lebih banyak dari tahun sebelumnya, maka pada tahun pelaksanaan ujian computer tahun menambah ruangan kelas.

Asbulloh, S.Pd selaku Proktor UMBNBK dan UNBK di MAN 15 Jakarta ketika ditemui disela pelaksanaan USBNBK, Rabu(4/3) mengatakan mulai tahun 2020, MAN 15 sudah dapat melaksanakan USBNBK dan UNBK secara baik setelah semua fasilitas yang dirasa kurang pada tahun lalu sudah dapat terpenuhi.

“MAN 15 melakukan pembelian komputer server sebanyak 3 unit dan penambahan unit  komputer sekolah sebanyak 40 unit computer/laptop, walaupun masih terdapat beberapa kekurangan yang masih ditanggulangi dengan cara peminjaman laptop guru sebagai client untuk siswa ujian,” ungkapnya.

Asbulloh merincikan, saat ini jumlah Labor komputer yang dipakai oleh MAN 15 adalah sebanyak 4 ruangan Labor dengan jumlah komputer server utama sebanyak 4 unit, 1 unit komputer server cadangan, 112 unit komputer client dan 2 unit komputer client cadangan untuk siswa dengan jumlah siswa 122 orang.

Ujian Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UMBNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah dijadwalkan, dimana UMBNBK berlangsung selama tujuh hari yang dilaksanakan pada tanggal 27-5 Maret 2020 dan UNBK berlangsung selama empat hari yang dilaksanakan pada tanggal 26-27 dan 1-2 April 2020 (masih perkiraan) dengan pembagian masing-masing dua sesi ujian setiap harinya. (asb)/red