photo.doc.humas19.asb

Jakarta, (Humas-MAN15)—Ibadah kurban tidak sekadar  ritual  semata.  Ibadah kurban mengandung banyak sekali hikmah. Salah satunya sebagai media pembelajaran, khususnya bagi para peserta didik (siswa). “Ibadah kurban merupakan media pembelajaran bagi para siswa,” Ungkap penulis yang merupakan pengajar mata pelajaran Sosiologi pada MAN 15 Jakarta (Asbulloh, M.Pd), Senin (12/08/08/19).

photo.doc.humas19.asb

Karena itu, penulis melihat dan menyaksikan bahwa, Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 15 Jakarta (MAN) berusaha memaksimalkan momentum Idul Adha/ Idul Kurban  sebagai media pembelajaran.  “Pertama, ibadah kurban tersebut mendidik jiwa ikhlas dalam berkurban, sebagaimana  dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail,” yang dikutip dari tausiah ustad. Zulfikar, S.Pd.i.

photo.doc.humas19.asb

Kedua, kata penulis, mendidik siswa agar dalam diri mereka ‘tertanam rasa simpati dan empati’ terhadap orang-orang yang tidak berpunya. “Karena itu, acara tersebut melibatkan seluruh peserta didik (siswa), kelas X, XI dan XII dalam ibadah kurban tersebut,” ujar Asbulloh.

Civitas Akademik-MAN 15 Jakarta mengajak baik siswa, para guru dan komite sekolah untuk berkurban.  Selain itu, MAN 15 juga mengajak para siswa untuk berlatih berkurban dengan cara urunan (mengumpulkan uang bersama-sama) untuk membeli hewan kurban. “Tak hanya itu, panitia kurban mengajak para peserta didik (siswa) untuk bersama-sama dengan para guru untuk menangani hewan kurban tersebut.

photo.doc.humas19.asb

Upacara penyembelihan dilakukan di halaman sekolah, tepatnya dilapangan olahraga, yang dimulai pukul 07.30 WIB. Sebelum penyembelihan hewan kurban, para siswa melaksanakan terlibih dahulu program pembiasaan sekolah yaitu; Tadarus dan sholat Dhuha 4 rakaat bersama. Selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan takbiran oleh siswa dan pemotongan hewan kurban.

photo.doc.humas19.asb

Kemudian menangani  hewan kurban tersebut , yakni menguliti, mencacah, dan memasukkan daging kurban tersebut ke dalam kantong plastik yang telah disiapkan. Antusiasme “Para pengurus osis, panitia kurban dan siswa pun dilibatkan untuk mendistribusikan daging kurban tersebut kepada masyarakat,”.

photo.doc.humas19.asb

Asbulloh  mengungkapkan, Idul Adha 1440 H ini MAN 15 menerima dan menyalurkan hewan kurban, berupa  sapi 2 ekor dan kambing 2 ekor.  “Hewan kurban tersebut berasal dari hasil patungan kebersamaan civitas akademik baik siswa, guru dan pihak komite (mengetahui).red.doc/asb-ern/humas

photo.doc.humas19.asb