Jakarta (Humas MAN 15 Jakarta) – Tepat pada hari ahad, 25 November 2018 sebagai moment bahagia bagi para Guru-guru secara nasional, karena tepat pada hari tersebut masyarakat Indonesia selalu  memperingati Hari Guru Nasional (HGN).26/11

Momen kebahagiaan tersebut merupakan sebuah penghargaan atas jasa para guru yang telah ikut mencerdaskan anak bangsa, baik yang ada di kota maupun para guru yang ada di pelosok pedesaan seluruh tanah air indonesia.

Penetapan Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994. Hal ini sebagai upaya Negara memberikan apresiasinya bagi para pencerdas-pencerdas (Siswa) sebagai Tunas Bangsa.

Selain ditetapkan menjadi Hari Guru Nasional, setiap tanggal 25 November juga dijadikan sebagai hari lahir organisasai Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Kehadiran PGRI adalah sebagai wadah bagi sebuah kelompok profesi dibidang pendidikan (Guru), yang pergerakanya dan perwujudanya sebagai pengemban membangun generasi masa depan yang cemerlang.

Berbagai macam cara memperingati momen spesial hari guru nasional (HGN), untuk aktualisasinya, baik dilingkungan pemerintahan maupun di sekolah-sekolah maupun di lingkungan pendidikan sendiri. Sebagai contoh, di Sekolah MAN 15 Jakarta, memperingati hari guru nasional tersebut dengan mengadakan, upacara bendera, penampilan seni persembahan para siswa dan ada juga pemberian kejutan berupa hadiah bunga yang dipersiapkan sebelumnya.

Namun, ada fakta menarik sebenarnya yang perlu diketahui dibalik Peringatan HGN ini, hal inilah sebagai ilmu buat kita semua apa itu faktanya; berikut Fakta Menarik yang sudah penulis rangkum:

1.Sebelum Bernama PGRI

Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya.

Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah.

Sebelum dicetuskan Hari Guru pada tanggal 25 November, para guru lebih dulu mendirikan Persatuan Guru Indonesia pada tahun 1912.

2.Peresmian Hari Guru

Dua bulan setelah merdeka, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia untuk pertama kalinya, pada 24–25 November 1945 di Surakarta.

Setelah konggres tersebut tepat pada 25 November 1945, menghasilkan pembentukan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Pemerintah baru meresmikan Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November tahun 1994. Hari Guru Nasional sendiri resmi diperingati dengan dasar Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

  1. Bukan Hari Libur

Setiap tanggal 25 November merupakan HUT HGN secara nasional, dalam moment perayaan tersebut di beberapa Negara ada yang meliburkan diri, akan tetapi di Negara Indonesia pada moment dalam memperingati Hari Guru tidak ditetapkanya sebagai hari libur

  1. Peringatan Hari Guru di setiap negara berbeda.

Indonesia menetapkan Hari Guru Nasional pada 25 November. Sedangkan di Negara seperti;

Contohnya Amerika menetapkan Hari Guru pada Minggu pertama di bulan Mei.

Sedangkan Filipina 5 Oktober, Hongkong 10 September, Korea Selatan 15 Mei dan lain-lain.

5.Bentuk Perayaan Di Dunia

India, Perayaan hari guru di India dimulai dari anak-anak yang mendekorasi kelas mereka, mengatur acara khusus dan memberikan hadiah kepada guru. Demikian beberapa kupasan terkait peranyaan hari guru nasional atau HUT HGN ke 73 th. Sebagai wujud kebahagian di civitas academika MAN 15 Jakarta, selalu memperingatinya dengan suasana kebahagiaan dalam bingkaian kasih sayang, sarana interaksi Siswa-Guru dan Belajar tanpa Guru niscaya akan tersesat. Hal tersebut seperti yang disampaikan juga oleh Kepala Madrasah Drs. Pursidi dalam sambutanya di upacara bendera.etc.. i News.Humas.HGN/asb.